Perumda Air Minum Tirta Merapi Klaten Raih Multi Penghargaan Top BUMD Awards 2024

Perumda Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meraih multi penghargaan Top BUMD Awards 2024, di Hotel Raffles Jakarta, Rabu

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, meraih multi penghargaan Top BUMD Awards 2024. Penghargaan bergengsi bagi perusahaan daerah air minum (PDAM) itu diterima di Hotel Raffles Jakarta, Rabu (20/3).

Top BUMD Awards 2024 diselenggarakan Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan sejumlah lembaga lain dengan mengusung tema Penguatan tata kelola dalam membangun kinerja bisnis dan layanan badan usaha milik daerah (BUMD).

Perumda Air Minum Tirta Merapi Klaten meraih penghargaan Top BUMD Awards  2024 Golden Trophy, Top BUMD 2024 Perumda Air Minum Bintang 5, Top CEO BUMD 2024 (Irawan Margono, Direktur Utama), dan Top Pembina BUMD Awards 2024 (Sri Mulyani, Bupati Klaten).

Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Merapi Kabupaten Klaten, Irawan Margono, kepada pojokota.com di kantornya, Rabu (27/3), menyatakan bangga memperoleh penghargaan Top BUMD Awards 2024. Penghargaan ini menjadi penyemangat bagi perumda air minum yang dipimpinnya.

"Tentu, penghargaan Top BUMD Awards 2024 yang diraih Perumda Air Minum Tirta Merapi, adalah bukti bahwa kinerja kami baik. Semoga ke depan bisa semakin baik, khususnya dalam pengelolaan dan pelayanan air minum kepada masyarakat di Kabupaten Klaten," katanya.

Kinerja Perumda Air Minum Tirta Merapi dari tahun ke tahun meningkat. Pemerintah daerah dalam hal ini juga memberikan dukungan penuh. Berdasarkan pelanggan 20.000-50.000, PDAM Tirta Merapi masuk peringkat satu nasional dan  dalam aspek kinerja mendapat opini WTP.

Untuk capaian kinerja perusahaan, PDAM Tirta Merapi dapat berkontribusi dalam pendapatan asli daerah (PAD) Rp4 miliar lebih tiap tahun. Ini berkat komitmen manajemen dan seluruh pegawai. Selain itu, koordinasi dan komunikasi dengan seluruh stakeholder dan masyarakat.

"Selaku penerima tugas mengelola perusahaan daerah air minum, kami menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari Bupati, Pemda, DPRD, dan Sekda Klaten. Saat ini, jumlah pelanggan air minum 51.000 dan diharapkan pada akhir tahun ini bisa mencapai 53.000 pelanggan," ujar Irawan. (KD)

 Logistic Solutions Bank Mandiri